Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

Divergent Trilogy

Posted in Books • 2 January 2014

Divergent Trilogy

Divergent

Insurgent

Allegiant

Dari tahun lalu, gue makin sering nyari-nyari informasi tentang buku baru di goodreads dan YouTube.  Habis, kayaknya setelah Harry Potter dan The Hunger Games, gue butuh serial lain lagi buat kebutuhan baca sehari-hari.  Setiap serial yang dibaca tamat, kehilangan, bok.  Yaaaah, udahan deh, nih.

Makanya waktu lihat ada Divergent di Periplus, langsung semangat beli.  Divergent ini salah satu buku yang bikin heboh di dunia maya.  Banyak banget yang review di goodreads (519,068 reviews di saat gue ngetik ini), banyak juga yang bikin video tentang Divergent ini di YouTube.  Pokoknya tinggal ketik Divergent di search field.  Dan yang bikin kepincut, tuh banyak yang bilang begini: “Kalau lo suka The Hunger Games, pasti suka Divergent juga.” :D

Sinopsis singkatnya trilogi ini yang buat gue tertarik banget.  Di Chicago, masyarakatnya dibagi jadi lima faction/golongan:

  • Abnegation – The Selfless, nggak suka cari perhatian, sampai ngaca aja jarang, suka ngedahuluin kepentingan orang lain.
  • Erudite – The Intelligent, suka baca buku, logis, selalu pengen belajar dan ngerti cara semuanya berjalan.
  • Candor – The Honest, jujur pisan, selalu kasih pernyataan yang paling jujur nggak peduli sebesar apa resikonya.
  • Amity – The Peaceful, suka musik dan seni, pingin semua orang akur, nggak suka agresi sama permusuhan.
  • Dauntless – The Brave, adrenaline junkie, nggak ngebiarin orang ngedikte tingkah laku, ngelakuin apa yang dipikir benar nggak peduli sesusah dan semenakutkan apa.

Setiap golongan punya pekerjaannya masing-masing, dan hidup bener-bener sesuai dengan “peraturan” golongannya.  Dan setiap anak yang berumur 16 tahun harus ikut aptitude tests untuk nentuin dia mau masuk di golongan mana. Ini perkara seumur hidup.  Sekali milih, itu yang jadi “keluarga” baru dan nggak bisa ganti-ganti lagi. Faction before blood. Umumnya, setiap anak hasil aptitute test-nya jelas, misal dia dari keluarga yang ada di golongan Candor, tapi hasil test-nya lebih dominan Erudite, dia tetep bisa milih, mau tetep tinggal di Candor, atau mau pindah ke Erudite? Ada yang dari keluarga Amity dan hasilnya ya emang Amity juga, jadi no big deal.

Nah, hasil test tokoh utama trilogi ini, Beatrice, nunjukkin dia bisa masuk ke tiga golongan sekaligus: Abnegation, Dauntless, Erudite.  Dan orang yang hasil tesnya seperti ini disebut Divergent.   Beatrice dikasih peringatan oleh petugas yang melakukan tesnya untuk nggak bilang ke siapa pun kalau dia ini Divergent. It’s dangerous.

Lalu ternyata, mau masuk ke golongan baru pun nggak gampang, karena ada tes lagi yang harus dijalani.  Yang gagal bisa jadi factionless, kaya gelandangan di jalan. Di buku pertama ini nanti akan diceritain kenapa Tris (panggilan Beatrice setelah dia memutuskan untuk pindah golongan) sebagai Divergent dianggap berbahaya, kenapa pemerintah kota Chicago ngelakuin sesuatu hal yang bisa dibilang jadi mengorbankan beberapa golongan, dan kita juga bisa lihat gimana reaksi dan respon Tris.  Action packed, fast paced.

Di Insurgent, makin banyak konspirasi.  Tris jadi semacam sering ditodong untuk ngambil keputusan, dan seringnya ya dia act first, think later.  That’s my girl :p  Banyak karakter pendukung yang menarik di sini. Nggak sewah Divergent, tapi tetep seru dibaca.  Terus buat yang suka romance, makin drama juga di sini antara Tris dengan Tobias.

Allegiant mulai menyingkap kehidupan lain di luar Chicago seperti apa.  Tris dan temen-temennya berhasil keluar dan mereka baru tahu kalau di luar Chicago ada … Jangan kasih bocoran deh, ya, biar yang belum baca nggak dapet surprise duluan.  Buat gue, buku terakhir ini yang paling biasa dibanding dua pendahulunya, mungkin karena kebanyakan penjelasan sesusatu yang di luar Chicago itu jadi agak ngebosenin, dan endingnya hadoooohhh, agak-agak nyebelin -__-

Tapi tetep mau segedek apa pun gue sama endingnya, ya nggak nyesel juga sih keluar uang dan ngehabisin waktu untuk baca buku terakhirnya, karena mau kaya gimana juga, gue butuh closure :D  FYI, Divergent ini menang sebagai goodreads Choice Award Favorite Book, lho.  Dan Insurgent dan Allegiant juga nyusul sebagai salah satu pemenang goodreads Choice Winner di tahun 2012 sama 2013.  Ceritanya memang bagus dan kalau suka dystopian stories, silahkan baca trilogi ini!