Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

The Freaky Teppy

Posted in Books • 13 January 2014

The Freaky Teppy

Jujur, gue udah lumayan lama nggak beli buku komedi lokal.  Sempat beli dua buku yang penulisnya cukup terkenal, dan pas gue baca, “Kok gue nggak ketawa? Apanya yang lucu sih ini?”  Selera humor orang beda-beda sih, ya.  Dede gue baca salah satu buku yang gue beli itu ya ketawa-ketawa aja, dan itu bikin gue bertanya-tanya.  Apa selera humor gue udah mati?  Karena menurut gue cerita di buku itu biasa aja dan humornya terkesan agak maksa.  Habis itu, gue jadi agak males untuk ngelirik buku komedi lokal yang terbit lagi.

Tapiiii, pas tahun baru kemarin, dede dan Papa gue mau nyari buku dan majalah di Gramedia, gue ikut masuk tanpa berniat beli buku sama sekali.  Ceritanya gue lagi dalam tahap suka baca dan beli buku impor, sekalian nambah vocab enggres.  Jadi masuk ke Gramedia dengan niat lihat-lihat aja, tapi ujung-ujungnya beli empat buku.  Duar.

Salah satu bukunya ini, The Freaky Teppy yang ditulis Stephany Josephine.  Di cover belakangnya dikasih tahu kalau Teppy ini blogger, dan gue baru tahu! Mungkin gue ini kurang gaul di dunia blogger (kelihatan, kan, masih newbie) sampai nggak tahu eksistensi blog Teppy.  Tagline bukunya bikin penasaran: Cerita Hidup Penuh Tawa Walau Luka-Luka. Selucu apa nih nyeritain luka-lukanya?  Apalagi ini penulisnya cewek loh!  Belakangan ini kan yang ramai nulis buku komedi di Indonesia cowok, sukses bikin pensaran gue berlipat ganda.

Ada beberapa cerita pendek di buku ini, dari jaman Teppy masih SMA, kuliah, pengalaman pertama kali kerja, sampai pengalaman dia liburan.  Cara dia bercerita bagus bangeeeet, dan lucu parah!  ASLI LUCU!  Baru kali ini gue baca buku sampai ngakak dan cengengesan kayak cewek sarap.  Untung bacanya di kamar sendiri, kalau lagi di tempat umum bisa diusir tanpa ampun karena mengganggu ketentraman dan kenyamanan bersama.

Buku ini banyak nyeritain keluguan dia beberapa tahun lalu, semacam pengalaman pertama dia lah.  Pertama ngelamar kerja, pertama nyoba make MacBook, dan dari situ kelihatan banget lugu dan polosnya.  Teppy bisa nyeritain dan ngolah pengalamannya dengan unsur komedi yang benar-benar menghibur!  Bukunya nggak begitu tebal, jadi gue lahap dalam beberapa jam aja, karena emang nagih!  Kedodolan apa lagi nih di cerita berikutnya??? :D  Tiap balik halaman gue nggak bisa berhenti cengar-cengir karena menanti bakal dibikin ngakak karena apa.  That good.

Wajar juga sih kalau tiap ceritanya enak dibaca, secara Teppy udah rutin nulis blog dari sekian tahun yang lalu.  Gue suka gaya nulisnya yang agak cablak dan apa adanya, lucu tapi nggak berlebihan.  Ceritanya ngalir dengan enak, intro dan endingnya pas, lalu setiap cerita diselipin pesan moral ala Teppy.  Kalau mau cari buku komedi atau lagi cari bacaan hiburan di kala penatnya rutinitas, gue bener-bener rekomendasi The Freaky Teppy ini!  Dan habis baca buku ini gue jadi mau belajar, kalau sampai ngalamin kejadian nggak enak *ya amit-amit juga sih*, coba, bisa nggak menertawakan diri sendiri?

To truly laugh, you must be able to take your pain, and play with it!” – Charlie Chaplin