Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

A Newbie’s Guide to BookTube Neighborhood

Posted in Books • 21 March 2015

guide to booktube

Seperti yang udah gue janjiin di blog post bulan lalu, ada beberapa BookTube channel yang mau gue share di blog post terpisah.  And today is the day!  Kalau belum baca 6 Cara Pilih Buku, monggo baca itu dulu, baru balik lagi ke sini.  Kalau sungkan bacanya, ya bisa lihat grafis di bawah ini :)

6 Cara Pilih Buku

Dari sekian banyak channel di YouTube yang bahas buku, dengan sendirinya kita bisa filter kok mana yang cocok dengan selera.  Untuk tahu channel pertama yang perlu kita subscribe, gue dulu cari book review dari buku yang udah pernah dibaca.  Dari hasil pencarian pasti muncul banyak video, coba tonton beberapa video.  Kalau ada yang menarik, tonton 2 atau 3 video lainnya dari channel yang sama. Dengan begitu, harusnya udah ngeh apakah channel ini sesuai dengan preferensi kita atau nggak. Begitu udah ketemu satu channel itu, biasanya, kalau sang pemilik channel itu cukup bisa bersosialisasi dengan BookTuber lain, pasti dia punya beberapa teman dekat.  Nah, tinggal cek deh collaboration video yang ada dan dari situ kita bisa dapat lagi rekomendasi channel yang lain.

Buat gue, 5 BookTube channel ini yang paling membantu gue dalam memilih buku bacaan baru.

1. Priscilla – The Readables

Yang buat gue keranjingan nonton video tentang buku ya channel The Readables ini.  LOVE her reviews and her artwork!  Priscilla ini graphic designer jadi nggak heran kalau videonya selalu lebih wah dari yang lain. Editannya enak banget dilihat dan setiap review-nya membantu meneguhkan gue untuk coba baca berbagai macam genre, dari Classic, Thriller, sampai High fantasy. Kalau bukan karena nonton videonya gue kayaknya nggak bakal pernah coba baca Pride and Prejudice, Mr. Penumbra’s 24-Hour Bookstore, dan Game of Thrones.

2. Christine – polandbananasBOOKS

She’s crazy and hilarious.  Christine ini paling gila di antar booktuber lainnya.  Kalau baru pertama nonton video Christine, kecilin dulu volume laptop, komputer, smartphone atau device lain yang lo pakai.  Dia suka teriak-teriak soalnya, jadi biar gendang telinga nggak kaget, lebih baik jaga-jaga dulu sebelum kejadian.  Di balik semua kehebohan itu, video yang dia buat selalu menghibur dan berisi.  Booktalk-nya juga berbobot menurut gue, dia bisa capture detail yang ada di buku yang dibacanya dan teori-teori untuk kelanjutan ceritanya pun ada aja yang bener! Definitely one of my favorites.

3. Regan – PeruseProject

Thanks to Regan’s video, gue jadi buka mata dengan adanya Brandon Sanderson.  Regan ini yang memperkenalkan The Mistborn trilogy yang jadi salah satu buku paling gue suka sampai saat ini.  Dia suka genre Fantasy, dan gue jamin, kalau lo butuh rekomendasi dari genre itu, mampir aja ke channel-nya dan lo bakal kebanjiran list buku yang perlu dicari dari dia. You’re welcome.

4. Jillian – bookishandnerdy

Gue rasa list buku yang perlu gue baca jadi makin panjang setiap kali habis nonton video Jillian.  Genre yang dia baca bervariasi, mau cari Fantasy, Contemporary, sampai New Adult dan Adult books pun ada. Buat gue, setiap video yang Jillian buat terasanya tulus dan jujur.  If she loves the book, she tell you as it is. Bahkan bisa sampai mbrebes mili kalau bukunya ngena banget buat dia.

5. Cass – CassJayTuck

Tonton deh salah satu video Cass dan gue jamin lo bakal terhibur dengan cara dia menyampaikan pendapatnya.  She’s very critical, witty, and sarcastic.  Do you have another reason? Because I don’t have anything else to say other than go watch her videos, people.