Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

Hong Kong Disneyland

Posted in Playground • 5 October 2014

Hong Kong Disneyland - grisscorner

Kalau pergi ke Hong Kong, salah satu tempat yang katanya wajib dikunjungi adalah Disneyland.  Ada beberapa teman gue yang bilang kalau Disneyland lebih cocok untuk anak-anak, dan untuk orang yang suka naik wahana deg-degan macam gue ini bakal kurang puas di sana.  Tapi gue suka-suka aja ternyata.  Emang dasarnya demen theme park sih gue ini. Asalkan ada show seru dan ada roller coaster-nya walaupun cuma bikin geli-geli doang, gue suka :D

Di Disneyland, sama seperti theme park lainnya, ada beberapa park atau area dengan tema yang berbeda.  Nah, kalau punya selera yang serupa seperti gue, wajib coba Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars yang ada di area Grizzly Gulch.  Ini seperti roller coaster tapi wujudnya mine car, cuma ada nikang-nikung dan naik turun, nggak ada rotasi sampai 360 derajat. Jadi kalau yang takut diputer, tenang aja, lihat dari mine car-nya yang begitu juga ketahuan, kan, nggak mungkin kita diajak “salto”.  TAPIII, ada “twist” yang gue nggak sangka bakal ada di permainan ini, sengaja nggak gue ceritain ya, biar kalau ada yang baru mau coba nggak kena spoiler.

Hong Kong Disneyland 5 - grisscorner

Wahana wajib coba kedua adalah RC Racer di Toy Story Land.  U-shaped coaster yang tingginya 27 meter ini mirip sama Kora-Kora di Dufan sebenernya.  Cuma ya ini bisa lebih kenceng aja.  Terlalu sebentar sih menurut gue, kayaknya cuma 4 atau 5 kali ayunan, eh udahan. Tapi tetep lumayan seru. Ada juga Toy Soldier Parachute Drop di area ini, tapi sayangnya gue nggak sempat nyoba, padahal kayaknya seru tuh, macam Histeria.

Selain dua permainan itu, di Adventureland ada show seru yang HARUS ditonton kalau ke Disneyland, Festival of the Lion King.  Gue termasuk orang yang bisa nonton film Lion King berkali-kali. Hands down, for me it’s one of the best movies, ever. Festival of the Lion King ini lebih seperti musical show, banyak nyanyian dan tarian.  Buat gue, menghibur banget, dan cukup merepresentasikan storyline aslinya. Papa gue yang ikut nonton juga suka.  Jadi memang ini dari anak kecil sampai orang tua juga bisa nikmatin show-nya.

Hong Kong Disneyland 8 - grisscorner

Pertama kali naratornya nyanyi, asli gue langsung merinding.  Oh iya, pertama kali masuk, sambil nunggu pengunjung lain duduk, ada tiga orang yang tabuh-menabuh apa itu lah nama alat musiknya gue nggak ngerti. Gue menghargai banget hiburan yang diberi karena selama nunggu show dimulai jadi nggak bosen. Serunya lagi mereka juga berinteraksi sama pengunjung.  Lucu dan seru!  Tonton deh videonya di sini.

Di Adventureland gue juga nengokin Tarzan’s Treehouse.  Biasa aja sih ini, cuma nyebrang, masuk ke rumah pohon, naik sampai atas, turun lagi, wis kelar.  Cuma kalau mau foto-foto ya bagus juga di sana.

Hong Kong Disneyland 3 - grisscorner

Hong Kong Disneyland 4 - grisscorner

Kami sengaja nunggu sampai malam karena tepat di jam setengah delapan ada kembang api. Di Jakarta juga kalau tahun baru ramai sih sama kembang api, tiap mal kaya lomba keren-kerenan kembang api hahaha. Tapi di Disneyland menurut gue lebih keren karena ada lagu dan permainan lampunya.  Variasi kembang apinya juga banyak. Video singkatnya bisa ditonton di sini dan di sini.

Hong Kong Disneyland 6 - grisscorner

Hong Kong Disneyland 7 - grisscorner

Harga untuk 1-Day ticket HK $450, sedangkan untuk 2-Day ticket HK $585.  Harga ini untuk pengunjung umur 12 – 64 tahun, ya.  Anak kecil dan lansia lebih murah lagi, bisa lihat langsung di website-nya.  Saran gue buat yang emang mau puas-puasin di Disneyland: ambil 2-Day ticket.  Gue sehari di sana, dan datang siang asli nggak keburu loh buat nyobain beberapa permainan dan nonton show lain.  Kalau 2 hari, selain bisa lebih puas, mainnya bisa lebih nyaman dan nggak keburu-buru dikejar waktu.  Tapi kalau ngerasa sehari aja cukup dan mau hari lainnya dipakai untuk jelajah Hong Kong di belahan lainnya, ya monggo…. :D