Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

Most Anticipated Books of 2014!

Posted in Books • 19 February 2014

thumbnail

Salah satu “siksaan” karena mengikuti serial buku adalah menunggu sekuelnya terbit.  Ada yang senasib? :D

Terkadang, kalau bisa, gue berharap nggak usah tahu ada serial bagus, dan berharap baru tahu kalau serial itu kalau udah tamat.  Jadi kalau suka, bisa langsung tancap sampai buku terakhir.  Tapi praktiknya dan pada kenyataannya ya agak mustahil.  Secara setiap buka YouTube, Bloglovin, dan Goodreads, buku bagus itu gongnya pasti kencang.

Di tahun 2014 ini, gue menanti-nanti beberapa buku, dan di antaranya memang kebanyakan serial.  Tapi ada juga stand alonedan ada satu yang merupakan buku pertama di serial baru.  Post ini khusus untuk buku yang terbit di tahun 2014 ya, kalau buku yang mau dibaca di 2014 ya tentunya masih banyak tanpa memandang terbit tahun berapanya.  Well, this is my list.

 

The TreatmentThe Treatment by Suzanne Young (The Program #2) – Expected publication April 29

Gue baru tahu keberadaan serial ini karena ikutan 2014 Banner Challenge di group YAholics Anonymous yang ada di goodreads. Salah satu judul buku yang “menantang” untuk dibaca adalah The Program.  Dan walaupun agak skeptis sebelum baca ceritanya, akhirnya gue malah suka! :D  The Treatment ini buku keduanya.  BARU buku kedua, jadi bagi yang mau baca serial tapi malas karena udah kebanyakan sekuelnya, gue sarankan segera baca karena masih baru.

Genre-nya bisa masuk ke Young Adult, Dystopia, dan Romance sekaligus.  Cerita di buku pertama dimulai dengan banyaknya remaja yang bunuh diri.  Orang tua, guru, atau siapa pun yang sudah dewasa yang melihat ada gejala aneh dari para remaja ini bisa melaporkan, atau dengan kata lain, mendaftarkan mereka untuk masuk ke dalam Program.  Tapi, setiap remaja yang kembali dari Program itu seperti jadi orang yang berbeda karena ada ingatan yang dihapus. Sloane, tokoh utama di cerita ini berusaha sekeras mungkin supaya nggak terlalu mengeluarkan ekspresi, jadi anak alim, walaupun mulai depresi melihat lingkungan sekitar, she has to keep calm, and pretend everything’s okay. Di buku kedua ini, ceritanya berlanjut dengan perjuangan Sloane yang berusaha “membongkar” The Program.

 

City of Heavenly Fire

City of Heavenly Fire by Cassandra Clare (The Mortal Instruments #6) – Expected publication: May 27

AAAH, bisa nggak ini kita cepat-cepat bulan Mei? Gue udah benar-benar kepincut sama dunia shadowhunter-nya Cassandra Clare, and I’m not complaining.  The Mortal Instruments mengenalkan gue dengan shadowhunter, manusia yang punya keturunan darah malaikat.  Shadowhunter ini secara fisik seperti manusia, tapi fisiknya lebih. Lebih cepat, lebih kuat.

Inti ceritanya sih klise.  Good Vs. Bad.  Shadowhunter Vs. Demon, evil, and other hideous things that exist in that world.  Tapi oh tapi, gue suka banget bacanya karena banyak action, lucu (bahkan agak sarkas gitu jokes-nya. Poin plus.), dan selain itu ada juga ada BANYAK relationship yang menarik, nggak cuma romance relationship aja ya, hubungan dan interaksi di keluarga (tiap keluarga bahkan) sangat menarik untuk dibaca.

City of Heavenly Fire ini buku terakhir, dan sebelum gue meratap karena salah satu serial yang gue suka bakal tamat, ternyata Cassandra Clare udah menyiapkan serial berikutnya, The Dark Artifices. *lap air mata*

 

Silver ShadowsSilver Shadows by Richelle Mead (Bloodlines #5) – Expected publication: July 29

I have a weak spot for vampire. HAHAHA. There.  I said it.  Bloodlines adalah serial lanjutan dari Vampire Academy, yang kalau udah diangkat jadi film, dan di hari di mana gue ngetik dan post ini live juga masih tayang di bioskop.  Gue pribadi tetap merekomendasikan untuk baca serial Vampire Academy dulu sebelum mulai dengan Bloodlines, tapi kalau toh mau langsung ke Bloodlines pun bisa-bisa aja, sih.  Cuma, ya, jauh bakal lebih enak kalau tahu asal muasalnya dulu di serial sebelumnya.

Walaupun dunia di buku ini berputar di para vampir-vampir yang menarik itu, tokoh utamanya Sydney, seorang Alchemist yang pada dasarnya memiliki tugas agar menutupi fakta adanya vampir di dunia manusia.  Organisasi Alchemist sendiri bisa dibilang sangat strict dan kaku.  Mereka “melindungi” vampir, tapi nggak menyarankan untuk terlalu akrab dengan vampir. Singkatnya, di serial ini Sydney ditugaskan untuk menjaga seorang vampir.  Tapi ternyata, selain vampir dan Alchemist, ada juga witch/penyihir dan magic-nya, dan ternyata dunia Alchemist nggak “selurus” yang Sydney kira.  Silver Shadows ini buku kelima dari total enam buku untuk serial Bloodlines ini.

 

Isla and the Happily Ever AfterIsla and the Happily Ever After by Stephanie Perkins (Anna and the French Kiss #3) – Expected publication: August 14

Gue baru baca buku Stephanie Perkins Januari 2014 ini.  Daaaan langsung suka!  Untuk gue yang suka juga sama genre dystopia, dua buku Stephanie Perkins: Anna and the French Kiss dan Lola and the Boy Next Door ini benar-benar jadi obat untuk merefresh otak gue dari dunia yang kelam.  Halah. =))

Serial ini nggak nyambung-nyambung amat sih menurut gue.  Karena tokoh utama di buku kesatu jelas Anna, buku kedua jelas Lola, dan di buku ketiga yang terbit tahun ini tentu aja Isla.  Ceritanya ya fokus ke tokoh utama masing-masing di tiap buku, jadi mau baca ngacak juga nggak jadi masalah.  Tokoh utama di buku pertama dan kedua gue yakin bakal muncul di buku ketiga ini, tapi porsinya jadi sebagai tokoh pembantu aja.

Di serial ini, berbekal dari dua buku yang udah gue baca, ceritanya sweet, ringan, lucu, dan selalu ada hal unik yang gue temukan di tiap tokohnya.  It’s very interesting and fun to read.  Jadi biasanya sehabis gue ngelarin satu buku dystopia atau fantasy yang agak memeras otak dan perasaan, buku seperti ini yang dicari. Hahaha. If you’re looking a sweet young-adult contemporary book, I highly recommend the first two books, and let’s wait for the final book with me :D

 

The Blood of OlympusThe Blood of Olympus by Rick Riordan (The Heroes of Olympus #5) – Expected publication: October 7

Buku-buku Rick Riordah mah udah lah, nggak usah ditanya lagi pasti gue beli :D I’m a big fan of his books! Dari serial pertamanya Percy Jackson and the OlympiansKane Chronicles yang setting-nya di Mesir dan menonjolkan gods of Egypt, dan tentunya The Heroes of Olympus yang bisa mengobati rasa kangen gue ke Percy karena dia juga ada di serial ini. #teamPercy #teamPercy4eva

Dulu gue suka bengong kalau koko gue mulai ngomong tentang dewa-dewi Yunani.  I was like, please bro, you read that stuff? Sekarang, gue kalau lupa dewa/dewi tertentu bisa apa langsung nanya dia. *sungkem ke koko* =))  Tapi beneran menarik deh, apalagi Rick Riordan kaya nyeritainnya juga menarik dan penuh action tentunyaaaa.  Kalau mau baca-baca tentang dewa-dewi Yunani/Greek gods dengan penjelasan ala Rick Riordan, klik link ini.

Gue agak bingung kalau harus menjelaskan tentang apa yang diharapin dari buku kelima sekaligus buku terakhir ini bagi yang belum baca buku pertamanya hehehe. Hint: ternyata ada versi lain dari Greek gods!  Udah pokoknya percaya aja kalau serial ini seru, lucu, menegangkan, bikin terharu, dan jadi sedikit-sedikit belajar mitologi.  Beneran deh, baca serial ini sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui :p

 

ArmadaArmada by Ernest Cline – Expected publication: October 7

Bagi yang belum tahu, Ernest Cline ini yang mengarang Ready Player One, salah satu buku stand alone yang gue suka.  Dan gue yakin Armada ini juga nggak akan kalah seru.

Dari sinopsis Armada, tokoh utamanya Zack, masih sekolah, suka main videogame, dan tiba-tiba “dijemput” dan dikasih tahu kalau game yang selama ini dia mainkan adalah program training pemerintah yang didesain untuk melatih skill para pemainnya untuk melindungi bumi dari invensi alien. WOOT!!! YOUNG BOY AND ALIEN, GUYS!

I think we already got the big picture, right?

 

 

Nah, itu dia enam buku yang akan terbit di tahun 2014 ini yang pasti akan gue beli.  Sekarang saatnya bersabar dan menghitung hari.