Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

Taste of Cirebon: My Story Cafe, Bistro & Social House

Posted in Coffee, Food • 9 January 2015

My Story - grisscorner 03

Bagi yang tinggal atau ingin pergi ke Cirebon, ada tempat nongkrong baru yang wajib banget dikunjungi: My Story Cafe Bistro & Social House.  Singkat aja jadi My Story supaya lebih gampang.

Kalau mampir ke sana dan lihat ada cowok berkacamata yang sering periksa ini itu, mastiin customer puas, bantu take order dan mondar-mandir, itu Eddie salah satu pemilik dan pengurus My Story.  Gue kenal dia karena satu sekolah dan sempat sekelas, sama-sama suka basket dan nasi ati kulit, lalu dia juga sering berbaik hati rela ditebengin pulang dari stadion basket.

My Story - grisscorner 01

My Story - grisscorner 02

Gue cukup nggak nyangka waktu Eddie bilang mau buka cafe.  It was such an exciting news to us his friends. Ada cafe yang memang bagus dan nyaman buat nongkrong di Cirebon itu ibaratnya jadi “impian” bersama.  Kalau makanan Indonesia, sih, di Cirebon jujur aja udah cukup banyak, mau apa?  Ayam bakar ada, nasi jamblang banyak, belum lagi empal gentong, nasi lengko, gado-gado, tahu petis, tahu tegal sampai es campur ada semua.  Yang sepi di Cirebon emang cafe.  Beda kaya Jakarta yang kalau lo pergi ke Kemang, Senopati, Panglima Polim, Menteng, Kelapa Gading, Tanjung Duren, dan sekitarnya mau pilih cafe tinggal tunjuk cap cip cup gambreng aja karena sepanjang jalan banyak banget pilihannya.

Pembangunan My Story sampai jadi, lengkap dengan furniture dan berbagai macam perintilan di dalamnya ini makan waktu lebih dari setahun. Rencana bukanya diundur beberapa kali dari pertengahan tahun 2014, mundur ke Oktober, November, sampai akhirnya baru dibuka tanggal 22 Desember 2014 barengan sama Hari Ibu. Gue rasa Eddie udah kenyang sih ditanyain terus di chat group “Kapan buka, Ed?”, “Buka kapan?”, “Udah Oktober, nih!”, “Iki niat buka bli, sih?”, “Gagian coba, o…”, dan masih banyak lagi.

Di chat group yang anggota aktifnya juga ada Gogo dan Hanna, Eddie sering kasih update progress My Story sampai mana ke kami bertiga.  Ada aja yang dia tanya dan dia tunjukkin — mulai dari foto pintu toilet, lantai yang dipilih, meja, kursi, sampai foto latte art dia yang awalnya sering kita hina-hina. #EddieTabah #EddieMaklum

Jadi wajar dong ya kalau gue dan temen-temen lainnya ngerasa lega dan bangga waktu My Story akhirnya resmi dibuka dan ramai dikunjungi orang. Akhirnya jadi jugaaa!

My Story punya empat lantai, sekarang sih yang beroperasi baru lantai 1 dan lantai 2.  Buat yang ngerokok, ada smoking area di lantai 2.  Tempatnya enak untuk hang out bareng temen, keluarga, ataupun buat yang mau kerja dan ngerjain tugas pun nyaman.  Tenang aja, buat internet savvy, ada wifi di My Story.  Lantai 3 masih kosong, tapi udah ada mainan anak-anak.  Lantai 4 rooftop yang awalnya juga diledek sama kita-kita gue, “Pake ada rooftop segala buat apa sih, lihat beca, Ed?”  Padahal siapa tahu nantinya Cirebon kedatangan banyak turis yang belum pernah lihat beca, kan… atau bisa juga ada yang mau BBQ-an di atas :D

My Story smoking area - grisscorner

My Story 2nd floor - grisscorner

Di hari pembukaannya, gue ngajak Papa dan Koko untuk makan malam di sana.  Kami bertiga coba Wagyu, Spaghetti Carbonara dan Baked Mac & Cheese yang semuanya bikin puas!  Koko gue yang lidahnya cukup peka dan inget rasa makanan dari berbagai macam tempat pun bilang rasa makanan My Story pas banget sama seleranya.  Jarang-jarang loh dia muji kaya gitu.  Gue sih suka semau yang udah gue coba, ya.  Kurangnya belum ada chilli flakes aja sih di sana.  Cukup penting buat gue yang doyan pedas dan butuh taburan chilli flakes di atas pasta.

Foto-foto makanan di bawah ini gue ambil waktu ngumpul bareng temen-temen.  Kita saling icip dan semuanya selalu komentar makanan temen lainnya enak.  Favorit gue, so far, dari beberapa yang udah dicoba adalah Wagyu yang dimasak medium well ini.  Kalau kata Hanna, “Nikmat, kenyang, puas.”

My Story Wagyu - grisscornerWagyu (favorite) – Rp 110.000

BBQ RibsBBQ Ribs – Rp 75.000

IMG_7512Chicken Parmagiana – Rp 35.000

My Story Tenderloin - grisscornerTenderloin – Rp 85.000

Eddie bilang sejak kuliah dia emang udah suka minum kopi, jadi pantes aja tuh anak saat mau buka My Story, belajar dan mendalami kopinya cepet.  Belajar jadi barista, latihan bikin art sampai pegawainya “mabok kopi” karena dijejelin kopi hasil dia latihan art setiap hari, dan kembali lagi dihujani kritik dari temen-temennya.  Gue yakin Eddie udah ngerti, kalau kirim foto dan tanya pendapat di chat group, harus mental baja terima berbagai macam respon jujur.

Oh ya, selain latte, espresso, cappucino, dan kopi-kopi lainnya, ada juga minuman lain seperti jus buah dan mojito yang seger banget rasanya.  Untuk jus, gue baru coba jus mangga, Mucho Mango.  Ini enak banget asli. Tekstur jusnya pas, nggak keenceran, nggak terlalu kental juga.  Wajib banget dicoba.

Kisaran harga My Story menurut gue pas dan relatif terjangkau, makanan seperti nasi goreng, pasta dan ayam dibanderol dengan harga Rp 25.000 – Rp 39.000.  Sedangkan ribs, tenderloin, wagyu, dan kawan-kawannya Rp 75.000 – Rp 110.000.

my story cirebon - grisscorner

My Story - grisscorner 04Hot Latte – Rp 23.000

My Story - grisscorner 05Mucho Mango (must try) – Rp 25.000

Dari pengalaman gue dua kali ke sana selama libur akhir tahun kemaren, selalu puas dengan makanan dan minuman yang disajikan. Of course, it won’t be perfect to everyone’s taste, but trust me, worth every penny you pay.  You’ll never know till you try, right? Servisnya pun tergolong cepet walaupun setiap ke sana selalu lagi ramai-ramainya.  Buat yang bawa mobil, tempat parkirnya memang agak terbatas, tapi di sepanjang jalan dan di seberang My Story kalau udah malam bisa dipakai untuk parkir.  Toh memang baru bukanya sore.  Supaya nggak ketinggalan info promo, intip makanan dan minuman yang difoto, atau mau tanya-tanya ke yang punya, langsung aja cek @mystorycafeandbistro‘ di Instagram.

My Story Cafe, Bistro & Social House
Jl. Pulasaren 46, Cirebon
5 PM – 10 PM
Closed every Monday
0231 – 8300775