Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

Pinjam-Meminjam Buku

Posted in Books • 2 September 2014

Pinjam Meminjam Buku - grisscorner

Perihal pinjam-meminjam buku ini cukup menarik sebagai bahan obrolan dan diskusi karena ada dua golongan yang mendominasi: yang mau meminjamkan, dan yang tidak mau meminjamkan.

Gue suka baca dari kecil. Waktu sekolah ya bacaannya memang buku cerita anak, lalu dipenuhi dengan komik Jepang.  Waktu SMA, gue mengoleksi komik Slam Dunk.  Yang suka basket pasti tahu manga atau anime-nya. Sakuragi, Rukawa, apa kabar? Semoga baik-baik saja. Nah, suatu hari, waktu gue lagi asyik baca komik, teman ada yang menghampiri,

“Komik apa, tuh, Gris?”

“Komik basket.”

“Wah, seru nggak?”

“Seru, nih!”

“Pinjem, dong!”

“OK!”

Lalu gue yang masih lugu itu meminjamkan 10 volume komik sekaligus.  Saat komik dikembalikan, kertas komik gue keriting dong.  Rupanya teman gue itu tangannya sering keringatan, kertas komik yang kena tekanan jari saat bukunya dibuka untuk baca ya langsung sukses merekam jejak jari-jemari.  Langsung komik-komik itu gue gencet kamus, buku pelajaran, Alkitab, dan buku-buku lainnya dengan harapan keriting kertasnya berkurang.  Habis itu, gue langsung bawa komik pulang ke rumah.  (gue dari SMP udah jadi anak kos btw). Jadi kalau ada yang mau pinjem komik, gue sahutin “Komiknya ada di rumah.”  Selesai perkara. Beneran kan emang di rumah, bukan di kamar kos.

Beda cerita dengan teman satunya lagi.  Dia juga mengoleksi komik. Saat ngobrol dan tahu gue ketemu penggila komik (Terima kasih, Tuhan, sudah mempertemukan kami), janjian lah kami berdua untuk bawa koleksi komik dalam acara saling pinjam-meminjam. Jaman dulu bawa komik pakai plastik hitam yang ukurannya paling gede, dilapis tiga.  Itu gedenya ya mirip kaya gym bag yang ukurannya biasa lah.  Ada rasa tenang dan percaya saat gue minjemin komik ke teman gue yang satu ini.  Lah komik dia aja disampulin plastik bening, bok. Udah pasti aman lah komik gue, mau di rumah sampai setengah tahun juga gue rela.  Dan memang terbukti. Komik gue kembali dalam kondisi yang bagus, nggak keriting, nggak ada sobek atau penyok di ujung bukunya.

Lalu ada juga teman lain yang pinjam novel. Gue pinjamin novel dalam keadaaan mulus, hampir terlihat seperti brand new karena gue kalau baca buku memang hati-hati.  Dan bagaimana kondisi buku saat dikembalikan? Ujung cover-nya melinting, cover-nya melengkung, ada bercak noda, lalu spine-nya kelihatan seperti habis direnggangin.  Kapok. Sejak saat itu gue nggak asal pinjamin buku.

miranda

Standar masih bagus atau nggak untuk setiap orang emang pasti beda.  Tapi buat gue yang suka baca dan mengoleksi buku, gue suka buku yang masih terlihat seperti baru.  Gue nggak makan dan nggak ngemil sambil baca buku karena potensi kertas kena cipratan makanan itu ada. Gue nggak ngerenggangin buku sampai spine patah/rusak, dan karena itu bisa dipastikan, nggak ada ceritanya gue membuka buku sampai 180 derajat.

Untuk urusan buku, gue sadar gue agak freak sih ini.  Gue pribadi jarang banget minjam buku ke orang lain dan seringnya gue justru ditawarin “Griss, mau baca buku gue yang ini nggak?  Bagus, lho. Kayaknya lo pasti suka.”  Balik lagi, karena gue suka mengoleksi buku, kalau ada judul buku yang menarik perhatian, gue lebih milih beli sendiri daripada pinjam. Kalau mau baca, dan ada toko buku yang jual, ya tinggal beli. Kalau lagi cekak, ya tunggu sampai gajian :D

Lalu apakah berarti gue menolak mentah-mentah untuk meminjamkan buku? Berdasarkan pengalaman, gue hanya akan meminjamkan kalau tahu betul orangnya memperlakukan buku dia sendiri seperti apa.  Kalau buku sendiri dirawat, apalagi buku orang, kan?  Kalau buku sendiri aja main lempar, ya nggak heran juga kalau buku gue penyok sana-sini saat dikembaliin.  Ya kalau gue nggak yakin, pasti nolak request pinjaman tersebut, sih.  Ih, nggak enak kali, kesannya pelit amat.  Hahaha. Gue sih nggak ada perasaan enak atau nggak enak ya.  Bukunya kan buku gue :)))))  Daripada buku kembali dengan kondisi jelek karena ulah orang lain, mending gue kasih tau aja alamat toko buku ke yang bersangkutan :D

  • Dwi Kresnoadii

    Wah baru mampir ke sini, bagus juga bacaan buku-bukunya. Salam kenal ya :)
    Gue juga paling sebel tuh, udah disayang-sayang pas baca nggak mau buka buku lebar-lebar, takut spine-nya rusak dan renggang, eh pas dipinjem temen, dia bacanya ngelipet halaman yang bagian kiri sampe 360 derajat! dilipet gitu aja, lho. Sedih rasanya..

    • http://grisscorner.net/ Grisselda

      Hi, thanks for reading :)
      Lagi baca buku apa nih?
      Aduh, berasa banget tuh ngenesnya kalo sampe dilipet begitu. Cover melengkung, spine juga jadi nggak bagus lagi x_X

      • http://www.keriba-keribo.com Kresnoadi DH

        Sekarang lagi Kafka on the Shorenya Haruki Murakami. Haaa telat banget ya balesnya. Baru tahu Disqus nih. Seru juga ya ternyata. :)

  • Oon S Hadi

    Problema hidup yang setiap orang pernah alami :p

    Pernah sih waktu SMA minjemin buku yang masih brand new karena dipaksa sampe nangis nangis oleh si peminjam, ga nangis beneran sih tapi saya tahu hatinya menangis. Akhirnya saya pinjemin dengan pesan “Baca dengan tenang di rumah ya, jangan dibawa ke sekolah!” tapiii pesan saya diacuhkan dan dibawanya buku saya ke sekolah sama dia. Alhasil, ada teman lain yang lihat dan mengikuti jejak temannya (menangis ke saya) dan saya pinjamilah dia, dan berakhir dengan nasib buruk menimpa buku saya, bindingnya lepas. Meskipun si pelaku begitu berhati emas dengan rela hati mengobatkan buku saya ke percetakan namun rasanya masih sedih lihat buku baru saya yang tiada seindah dulu…

  • q_anq

    Baca ini cuman busa ngomong: Aku bangeeeeet hahahaha… Jadi inget pas sma pernah hampir mewek gara2 novel kesayangan gw dipinjem org trs dioper-oper ga izin. Balik2 rupanya udah mengenaskan gitu.
    Hingga saat ini buku yg aku beli 4 tahun lalu msh mulus krn aku plastikin semua. Yg bikin beda cuman kertasnya agak menguning aja karena udah lama…

  • Catherine Caroline

    I looooooooove your blog!! Terutama postingan ini.. Gila, ternyata bukan cuma gue yang freak tentang pinjam-meminjam ini. Sampe sekarang selalu deg-degan kalau temen liat buku di kosan, pegang-pegang, mulai baca, sampe kata-kata “Kayaknya seru ya! Pinjem boleh gak?” DAAR! Bingung mau jawab apa..

    • http://grisscorner.net/ Grisselda

      Thank you! :)

      Tanya aja, “lo kalo baca bikin kertas buku keriting nggak?”
      Dari jawabannya baru bisa ditarik kesimpulan :D

  • Gigih ibnu jafar

    Hahha kalau bingung mau minjem buku gausa ragu bisa langsung aja nih ke http://library.gunadarma.ac.id/ disini banyak koleksinya kok.