Griss' Corner

A personal corner made by an avid reader, coffee drinker, and beauty admirer

My Recommendations For Your Holiday Reads

Posted in Books • 23 May 2014

Holiday Reads

Di Indonesia, minggu depan termasuk sebagai salah satu minggu yang paling dinanti oleh banyak orang. Ok, lebih tepatnya gue yang menanti dengan tak sabar karena ada dua tanggal merah, dan ada tiga hari kejepit yang merupakan kesempatan emas untuk ambil cuti.  Lalu tinggal hajaaarr bablas meliburkan diri satu minggu penuh.  Terlalu sayang kalau dilewatkan. Bisa kenyang baca minggu depan :D

Karena gue cukup sering upload foto buku di Instagram, agak kaget juga ternyata ada teman-teman yang sebelumnya gue nggak tahu kalau mereka suka baca minta rekomendasi buku ke gue. Ahhh senanggg, ternyata gue bukan alien yang antusias sorang diri sebatang kara untuk baca buku :))))

So this is for you, my friends.  Hopefully you’ll enjoy these books.  Oh iya, sekilas info, rekomendasi gue kebanyakan Young Adult fiction. Jadi harap maklum dengan genre yang dipilih :p

Clockwork Angel by Cassandra Clare – Untuk genre Fantasy, gue suka buku yang karakter-karakternya menarik (baca: ada jagoan yang bikin hati ini meleleh), ada selipan romance-nya, banyak action, ada sarcasm jokes di sana-sini, dan pacing yang nggak terlalu lama atau terlalu dragging. Nah, Clockwork Angel ini memenuhi kriteria gue itu. Kalau suka paranormal fantasy yang melibatkan shadowhunter, vampire, demon, warlock, pick this book right away!!

The Final Empire by Brandon Sanderson – Kalau suka atau tertarik dengan genre Epic Fantasy, gue sangat sangat merekomendasikan buku ini.  Epic fantasy pakai setting parallel universe, setting tempat yang baru, beda sama dunia yang kita tinggalin sekarang, tapi nggak usah khawatir karena World building di buku ini keren banget, complex yet interesting.  Buku ini nyeritain tentang sekelompok “thieves” yang mau berontak dan melengser Lord Ruler yang memimpin Final Empire.  Super seru karena tokoh-tokohnya bisa pakai allomancy, semacam kemampuan yang menggunakan logam. For example, burn iron then you can pulls on nearby metals. This is an action packed book, I enjoyed the story very much, and those plot twists were amazing and mostly I didn’t see them coming.  Bukunya tergolong tebal pula, kenyang deh bacanya. 

The Lost Hero by Rick Riordan – Tahu, dong, Percy Jackson? Nah, buku ini adalah buku pertama di The Heroes of Olympus series, semacam serial lanjutannya Percy Jackson and the Olympians.  Tokoh utama di buku pertama dari serial ini memang bukan Percy, tapi setting-nya tetap di Camp Half Blood. Kalau main banding-bandingan mah gue lebih suka serial ini.  Asli seru banget.  Action-nya ada, lucu tengil khas tulisan Rick Riordan juga ada, dan selalu seru bisa belajar sedikit-sedikit tentang mitologi Yunani yang ternyata MENARIK sekali.

Pushing the Limits by Katie McGarry – Gue termasuk agak telat baca buku Katie McGarry. Ke mana aja gue 2 tahun belakangan ini? But anyway, kalau lo nyari buku Young Adult Contemporary yang nggak terlalu banyak taburan scene klise, segera cari buku ini. Gue suka banget sama pacing-nya, konflik yang dipilih Katie McGarry juga ngena banget, romance-nya juga bagus.  Habis baca buku ini GUE YAKIN banget lo bakal ketagihan dan langsung mau baca buku berikutnya :D

Amy & Roger’s Epic Detour by Morgan Matson – Morgan Matson juga termasuk author yang baru gue “temukan” di tahun 2014. Buku ini termasuk buku yang bisa memotivasi untuk coba road trip karena tokoh utamanya melakukan perjalanan selama beberapa hari untuk pindah. Gue suka character development yang ada di buku ini, semacam pingin peluk Amy dan bilang “you can do it, girl”.  Serunya lagi, Morgan Matson juga kasih playlistl lagu yang ceritanya didengerin sama Amy dan Roger sepanjang perjalanan mereka. 

To All the Boys I’ve Loved Before by Jenny Han – Apa jadinya kalau surat cinta yang ditulis hanya sebagai closure untuk diri sendiri kekirim ke cowok-cowok yang pernah ditaksir?  Buku ini semacam nostalgia kedodolan zaman sekolah dulu dan sukses bikin gue ketawa karena ada scene-scene bodoh nan konyol tapi kalau dibayangin bisa banget terjadi di kehidupan nyata. Udah gue tulis review-nya di sini.

Happy holiday, everyone! Selamat membaca :)